Sistem Pakar
1. Definisi Sistem Pakar
Sistem pakar (expert system) adalah
sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer
dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem
pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu
dengan meniru kerja dari para ahli.
1.1
Definisi
Menurut Ahli
•
Durkin : – Suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan
penyelesaian masalah yang dilakukan oleh seorang pakar
•
Ignizio : – Suatu model dan prosedur yang berkaitan, dalam suatu domain
tertentu, yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang
pakar 2
•
Giarratano & Riley : – Suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru
kemampuan seorang pakar
• E.
Feigenbaum : – Sebuah program komputer cerdas yang menggunakan pengetahuan dan
prosedur inferensi untuk menyelesaikan masalah yang cukup sulit sehingga
memerlukan kepakaran seseorang
2.
Tujuan
Sistem Pakar
Secara
garis besar, ada banyak keuntungan bila menggunakan sistem pakar, diantaranya
adalah (Arhami, 2005):
1.
Menjadikan pengetahuan dan nasihat lebih mudah didapat.
2.
Meningkatkan output dan produktivitas.
3.
Menyimpan kemampuan dan keahlian pakar.
4.
Meningkatkan penyelesaian masalah yaitu menerusi paduan pakar, penerangan,
sistem pakar khas.
5. Meningkatkan
reliabilitas.
6.
Memberikan respons (jawaban) yang cepat.
7.
Merupakan panduan yang intelligence (cerdas).
8. Dapat
bekerja dengan informasi yang kurang lengkap dan mengandung ketidakpastian.
9.
Intelligence database (basis data cerdas), bahwa sistem pakar dapat digunakan
untuk mengakses basis data dengan cara cerdas.
3.
Manfaat
Sistem Pakar
3.1 Keuntungan Expert System untuk manajer.
1.
Menyajikan lebih banyak alternatif.
2.
Menerapkan logika tingkat tinggi
3.
Menyediakan waktu banyak untuk evaluasi hasil keputusan.
4.
Memberikan solusi yang lebih konsisten
5. Membuat
seorang awam bekerja seperti layaknya seorang pakar;
6. Menyederhanakan
pekerjaan dan meningkatnya efisiensi kerja;
7.
Meningkatnya kualitas pekerjaan;
8.
Meningkatnya produktifitas sehingga meningkat pula performance perusahaan;
9.
Merupakan arsip yang terpercaya sehingga seolah-olah langsung konsultasi dengan
pakar (meskipun sang pakar telah tiada)
10.
Memperluas jangkauan.
3.2 Keuntungan Expert System untuk perusahaan.
1.
Meningkatkan performance perusahaan.
2.
Memelihara pengendalian terhadap knowledge perusahaan.
4.
Penerapan
Sistem Pakar dari berbagai bidang
4.1 Kedokteran
contoh sederhana dari penerapan sistem pakar dalam
bidang kedokteran, yaitu diagnosis penyakit berdasarkan gejala-gejala dan
beberapa solusi untuk penyembuhannya. Dalam keseharian kita, terdapat beberapa
penyakit dengan gejala yang hampir mirip, sebagai contoh influenza, tipus, dan
maag. Untuk dapat melakukan diagnosis dengan benar, terlebih dahulu kita harus
mengetahui gejala-gejala dari penyakit tersebut.
·
Beberapa gejala yang mungkin timbul dari ketiga jenis penyakit tersebut
adalah sebagai berikut:
q Kepala pusing;
q Suhu badan tinggi;
q Batuk dan pilek;
q Badan lemas;
q Demam lebih dari tiga hari;
q Hasil cek darah menunjukkan positif salmonella
paratipii
q Nyeri pada ulu hati;
q Nyeri pada lambung.
·
Sedangkan obat yang kami sarankan sebagai solusi untuk mengobati penyakit
tersebut meliputi:
q Paracetamol;
q Antibiotik;
q Multivitamin;
q Obat anti mual;
q CTM (obat tidur).
·
Dari gejala-gejala tersebut kita dapat mengambil kesimpulan sebagai
berikut :
q Jika gejala yang timbul adalah 1, 2, dan 3 maka dia
menderita influenza dan solusi obatnya adalah a, b, dan c.
q Jika gejala yang timbul adalah 1, 4, 5, dan 6 maka dia
menderita tipus dan solusi obatnya adalah a, b, c, d, dan e.
q Jika gejala yang timbul adalah 1, 7, dan 8 maka dia
menderita maag dan solusi obatnya adalah a, b, c, dan d.
q Dengan menggunakan sistem pakar ini kita dapat
melakukan diagnosis penyakit influenza, tipus, dan maag sehingga kita dapat
melakukan pertolongan pertama pada penderita penyakit tersebut.
4.1
Manajerial
1. Analisis
a) Interpretasi
v Analisa pasar untuk komoditi tertentu
v Identifikasi media iklan yang sesuai
v Identifikasi kebutuhan pelatihan
b) Diagnostik
Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan
2. Sintesa
v Penarikan tenaga kerja
v Strategi penentuan harga
v Strategi pengembangan produk
3. Integrasi
Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efekSalah satu bagian dari
Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah pemikiran. Pada saat
sistem ini mengingat rantai pemikiran logisnya, seorang pemakai boleh meminta
suatu penjelasan dari suatu masalah dan sistem akan memberikan beberapa faktor
yang berhubungan dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini
meningkatkan kepercayaan para pemakai dalam memecahkan masalah menggunakan
Sistem Pakar.
5.
Kesimpulan
sistem
pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer,
agar komputer dapat menyelesaikan masalah yang seperti biasa dilakukan oleh
para ahli’
Ada beberapa hal penting
yang perlu diperhatikan bahwa,secanggih apapun suatu sistem atau sebesar apapun
basis pengetahuan di miliki, tentu saja ada kelemahannya.
NAMA : ABIEL
REZALDY ABIDIN
NPM : 10115039
KELAS : 3KA03
REFERENSI
Tujuan Sistem Pakar
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/22175/Chapter%20II.pdf;jsessionid=5383AA3FB773C5CD1E98F5F03D30ACDE?sequence=3
Implementasi Sistem Pakar
http://anti.staf.akprind.ac.id/wp/wp-content/uploads/2017/01/Contoh-Implementasi-Sispak_02042013.ppt
http://anti.staf.akprind.ac.id/wp/wp-content/uploads/2017/01/Contoh-Implementasi-Sispak_02042013.ppt
Bagaimana Ignizio mendefinisikan sistem pakar dan apa yang dimaksud dengan tingkat keahlian dalam domain tertentu? dan Apa definisi sistem pakar menurut Giarratano & Riley?
BalasHapusRegard Telkom University