Sistem Pakar


1.    Definisi Sistem Pakar
Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli.
1.1              Definisi Menurut Ahli
• Durkin : – Suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh seorang pakar
• Ignizio : – Suatu model dan prosedur yang berkaitan, dalam suatu domain tertentu, yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar 2
• Giarratano & Riley : – Suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar
• E. Feigenbaum : – Sebuah program komputer cerdas yang menggunakan pengetahuan dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan masalah yang cukup sulit sehingga memerlukan kepakaran seseorang

2.    Tujuan Sistem Pakar
Secara garis besar, ada banyak keuntungan bila menggunakan sistem pakar, diantaranya adalah (Arhami, 2005):
1. Menjadikan pengetahuan dan nasihat lebih mudah didapat.
2. Meningkatkan output dan produktivitas.
3. Menyimpan kemampuan dan keahlian pakar.
4. Meningkatkan penyelesaian masalah yaitu menerusi paduan pakar, penerangan, sistem pakar khas.
5. Meningkatkan reliabilitas.
6. Memberikan respons (jawaban) yang cepat.
7. Merupakan panduan yang intelligence (cerdas).
8. Dapat bekerja dengan informasi yang kurang lengkap dan mengandung ketidakpastian.
9. Intelligence database (basis data cerdas), bahwa sistem pakar dapat digunakan untuk mengakses basis data dengan cara cerdas.

3.    Manfaat Sistem Pakar
3.1 Keuntungan Expert System untuk manajer.
1. Menyajikan lebih banyak alternatif.
2. Menerapkan logika tingkat tinggi
3. Menyediakan waktu banyak untuk evaluasi hasil keputusan.
4. Memberikan solusi yang lebih konsisten
5. Membuat seorang awam bekerja seperti layaknya seorang pakar;
6. Menyederhanakan pekerjaan dan meningkatnya efisiensi kerja;
7. Meningkatnya kualitas pekerjaan;
8. Meningkatnya produktifitas sehingga meningkat pula performance perusahaan;
9. Merupakan arsip yang terpercaya sehingga seolah-olah langsung konsultasi dengan pakar (meskipun sang pakar telah tiada)
10. Memperluas jangkauan.

3.2 Keuntungan Expert System untuk perusahaan.
1. Meningkatkan performance perusahaan.
2. Memelihara pengendalian terhadap knowledge perusahaan.

4.    Penerapan Sistem Pakar dari berbagai bidang
4.1 Kedokteran
contoh sederhana dari penerapan sistem pakar dalam bidang kedokteran, yaitu diagnosis penyakit berdasarkan gejala-gejala dan beberapa solusi untuk penyembuhannya. Dalam keseharian kita, terdapat beberapa penyakit dengan gejala yang hampir mirip, sebagai contoh influenza, tipus, dan maag. Untuk dapat melakukan diagnosis dengan benar, terlebih dahulu kita harus mengetahui gejala-gejala dari penyakit tersebut.
·         Beberapa gejala yang mungkin timbul dari ketiga jenis penyakit tersebut adalah sebagai berikut:
q  Kepala pusing;
q  Suhu badan tinggi;
q  Batuk dan pilek;
q  Badan lemas;
q  Demam lebih dari tiga hari;
q  Hasil cek darah menunjukkan positif salmonella paratipii
q  Nyeri pada ulu hati;
q  Nyeri pada lambung.
·         Sedangkan obat yang kami sarankan sebagai solusi untuk mengobati penyakit tersebut meliputi:
q  Paracetamol;
q  Antibiotik;
q  Multivitamin;
q  Obat anti mual;
q  CTM (obat tidur).
·         Dari gejala-gejala tersebut kita dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
q  Jika gejala yang timbul adalah 1, 2, dan 3 maka dia menderita influenza dan solusi obatnya adalah a, b, dan c.
q  Jika gejala yang timbul adalah 1, 4, 5, dan 6 maka dia menderita tipus dan solusi obatnya adalah a, b, c, d, dan e.
q  Jika gejala yang timbul adalah 1, 7, dan 8 maka dia menderita maag dan solusi obatnya adalah a, b, c, dan d.
q  Dengan menggunakan sistem pakar ini kita dapat melakukan diagnosis penyakit influenza, tipus, dan maag sehingga kita dapat melakukan pertolongan pertama pada penderita penyakit tersebut.
4.1              Manajerial
1.  Analisis
a)   Interpretasi
v  Analisa pasar untuk komoditi tertentu
v  Identifikasi media iklan yang sesuai
v  Identifikasi kebutuhan pelatihan
b)  Diagnostik
      Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan
2.  Sintesa
v  Penarikan tenaga kerja
v  Strategi penentuan harga
v  Strategi pengembangan produk
3.  Integrasi
Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efekSalah satu bagian dari Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah pemikiran. Pada saat sistem ini mengingat rantai pemikiran logisnya, seorang pemakai boleh meminta suatu penjelasan dari suatu masalah dan sistem akan memberikan beberapa faktor yang berhubungan dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini meningkatkan kepercayaan para pemakai dalam memecahkan masalah menggunakan Sistem Pakar.

5.    Kesimpulan
sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah yang seperti biasa dilakukan oleh para ahli’
Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bahwa,secanggih apapun suatu sistem atau sebesar apapun basis pengetahuan di miliki, tentu saja ada kelemahannya.






NAMA    :    ABIEL REZALDY ABIDIN
NPM       :    10115039
KELAS     :    3KA03

REFERENSI








Komentar

  1. Bagaimana Ignizio mendefinisikan sistem pakar dan apa yang dimaksud dengan tingkat keahlian dalam domain tertentu? dan Apa definisi sistem pakar menurut Giarratano & Riley?
    Regard Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL SOFTWARE PIVOT ANIMATOR

PENGANTAR ANIMASI DESAIN GRAFIS

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas