MENGENAL SOFTWARE PIVOT ANIMATOR


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi  berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan manusia  salah satunya yaitu komputer.
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

1.2  RUMUSAN MASALAH

1.      Pengertian tentang Animasi.
2.      Penjelasan software Pivot Animator.
3.      Fungsi – fungsi Menu bar dan Tools bar pada pivot animator.

1.3  TUJUAN PENULISAN

Agar penulis mengerti dan memahami fungsi fungsi Menu Bar dan Tools bar dan cara penggunaan Pivot Animator



1.1  SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan ini adalah gambaran secara umum dari pokok pembahasan penulisan ilmiah ini, penulis membagi ke dalam tiga pokok pembahasan dalam bab yang saling berhubungan.Adapun sistematika penulisan terdiri dari :      
1.      PENDAHULUAN, berisi tentang Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan masalah, dan sistematika penulisan.
2.      TINJAUAN PUSTAKA, membahas teori – teori tentang sistem informasi serta teori yang berkaitan dengan software yang digunakan serperti Pivot Animator.
3.      PENUTUP, bab ini berisi kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan dalam penulisan, serta saran.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1  Pengertian Animasi

Animasi atau lebih dikenal dengan film animasi, adalah film hasil pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Upin Ipin, Khrisna, Dora the explorer adalah beberapa contoh film kartun animasi. Film-film tersebut dibuat menggunakan komputer.
Animasi berasal dari kata to animate, yang artinya menghidupkan. Secara umum, pengertian animasi adalah kegiatan untuk menggerakkan benda mati. Jadi benda mati itu dibuat seolah-olah menjadi hidup.

2.2  Pengertian Software Pivot Animator
Pivot Stickfigure adalah sebuah aplikasi sederhana yang digunakan untuk membuat animasi. namun animasi yang di tapilkan dalam bentuk 2D. bentuk animasinya pun hanya berupa garis dan lingkaran. Selain penggunaannya yang mudah Pivot Stickfigure Animation juga memiliki ukuran yang kecil. sehingga mampu diginakan di PC manapun.

2.1  Mengenal Menu Bar

Aplikasi Pivot Hanya memiliki 3 Menu
1.      Menu File memiliki sub menu :
New digunakan untuk membuat file baru
Open Animation digunakan untuk membuka file yang pernah disimpan
 Save animation  berguna untuk menyimpan file yang telah selesai/sedang dikerjakan. Untuk menyimpan file dengan nama yang berbeda gunakan Save Animation\As  Export Animation  digunakan untuk menyimpan animasi ke format lain (GIF atau AVI) agar dapat digunakan untuk membuat film atau dipasang di internet
Load Background digunakan untuk menambahkan gambar latar belakang
Load Sprite Image digunakan untuk menambahkan karakter dari luar. Karakter dapat berupa gambar
Load Figure Type digunakan untuk menambahkan karakter.
Create Figure Type digunakan untuk membuat karakter baru.
Exit digunakan untuk keluar dan menutup aplikasi Pivot.
2.      Menu Edit berisi sub menu :
berguna untuk membatalkan perintah terakhir. Bisa diganti dengan shorcut dengan menekan bersamaan tombol CTRL + Z berguna untuk mengulang perintah yang pernah dibatalkan. Dapat diganti dengan shorcut dengan menekan bersamaan tombol CTRL + Y
Select All Figures  digunakan untuk memilih seluruh karakter yang ada di frame aktif
berguna untuk mengatur tampilan animasi. Melalui sub menu ini akan ditampilkan dialog option yang berguna untuk mengatur :
Animation Dimensions berguna untuk mengatur luas frame /layar tampilan. Pilihan ini digunakan untuk mengatur lebar frame (Width), serta tinggi frame (Height) ddalam satuan pixel.
Onion Skin digunakan untuk menampilkan frame dibelakang frame yang sedang dikerjakan.
Language digunakan untuk merubah bahasa.

2.2  Mengenal Tools Bar
Menu Bar, berisi deretan menu untuk menjalankan sebuah perintah, diantaranya menu File, Edit (Option), Help.
Tombol Play, untuk menjalankan animasi.
 Tombol Stop untuk menghentikan animasi.
 Loop (Repeat) jika dicentang akan menjalankan animasi berulang-ulang.
Set Background berguna untuk memilih gambar latar belakang pada animasi. Latar belakang harus sudah ditambahkan melalui menu load bacground.
Tombol Add New Figure berguna untuk memilih karakter yang akan ditambahkan pada animasi. Figur sudah harus dimuat melalui menu Load Figure Type.
Delete figure untuk menghapus karakter dari frame.
Edit Figure Type untuk merubah sebuah karakter.
Center Figure membawa karakter pada posisi tengah frame.
Flip Figure membalik posisi karakter.
Raise membawa karakter pada posisi paling depan
Lower membawa karakter pada posisi belakang.
Figure Color untuk mewarnai/mengubah warna karakter
Duplicate untuk menggandakan karakter
Join/Unjoin menggabungkan /memisahkan karakter
Figure Scale mengubah ukuran karakter
ada 2 slider pada pivot 4.1 slider yang lebih pendek posisinya dekat dengan tombol PLAY/STOP disebut Frame Rate/FPS (kependekan dari Frame per scond) digunakan untuk mengatur kecepatan animasi berdasarkan jumlah frame per detik. Slide ke 2 lebih panjang disebut Opacity berguna untuk mengatur transparansi karakter.
Titik Merah pada figure berguna untuk untuk menggerakkan 1 bagian dari karakter.
Titik Oranye pada figure berguna untuk menggerakkan seluruh karakter.

2.3  Membuat gerakan dasar Pivot

Membuat sebuah animasi membutuhkan sedikitnya 12 frame agar animasi terlihat hidup. Gerakkan sedikit demi sedikit menggunakan titik merah atau titik oranye, lalu klik tombol Add Frame untuk menyimpan setiap gerakan ke dalam sebuah frame.
Jika gerakan dirasakan cukup, simpan pekerjaan dengan memilih menu File, lalu pilih save project. Pada aplikasi Pivot, file animasi dapat disimpan dengan 2 format (ekstensi) yaitu PIV dan GIF. PIV adalah kependekan dari PIVOT, sednagkan GIF adalah kependekan dari Graphic Interchange Format

2.4  Membuat Karakter sendiri
Selain karakter yang sudah disediakan oleh Pivot, kita dapat membuat karakter sendiri. Langkah membuat karakter adalah sebagai berikut :
1.      Pilih menu File.
2.      Pilih submenu Create Figure Type
3.      Buat karakter pada jendela stick figure builder
Tambahkan ke frame dengan menu File -> Add To Animation




BAB III
PENUTUP
1.1  Penutup

Pivot Animator adalah aplikasi 2D sederhana yang mana hanya berisikan garis dan lingkaran yang berbentuk seperti kerangka manusia berupa kepala (lingkaran) dan tulang – tulang (garis). Pivot Animator jga dibilang software yang cukup ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

1.2  Saran
Penulis berharap agar pengguna adobe flash dapat mempelajari makalah  ini dengan sebak-baiknya, karena pelajaran ini dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan menambah wawasan kita dalam penggunaan adobe flash ini. Dan perbanyak membaca atau melihat tutorial tutorial pembuatan gambar flash di internet.

DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR ANIMASI DESAIN GRAFIS

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas