MENGENAL SOFTWARE PIVOT ANIMATOR
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan
teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu
sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh
teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga
pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan
manusia salah satunya yaitu komputer.
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan
objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang
telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar
atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia,
hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang
lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk
menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek
tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika
yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Pengertian tentang Animasi.
2. Penjelasan software Pivot Animator.
3. Fungsi – fungsi Menu bar dan Tools bar pada pivot
animator.
1.3 TUJUAN PENULISAN
Agar penulis mengerti dan
memahami fungsi fungsi Menu Bar dan Tools bar dan cara penggunaan Pivot
Animator
1.1 SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika
penulisan ini adalah gambaran secara umum dari pokok pembahasan penulisan
ilmiah ini, penulis membagi ke dalam tiga pokok pembahasan dalam bab yang
saling berhubungan.Adapun sistematika penulisan terdiri dari :
1.
PENDAHULUAN, berisi tentang Latar belakang masalah, rumusan masalah,
tujuan masalah, dan sistematika penulisan.
2.
TINJAUAN PUSTAKA, membahas teori – teori tentang sistem informasi
serta teori yang berkaitan dengan software yang digunakan serperti Pivot
Animator.
3.
PENUTUP, bab ini berisi kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan
dalam penulisan, serta saran.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Animasi
Animasi
atau lebih dikenal dengan film animasi, adalah film hasil pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Upin Ipin, Khrisna, Dora the explorer adalah beberapa contoh film
kartun animasi. Film-film tersebut dibuat menggunakan komputer.
Animasi
berasal dari kata to animate, yang
artinya menghidupkan. Secara umum, pengertian animasi adalah kegiatan untuk
menggerakkan benda mati. Jadi benda mati itu dibuat seolah-olah menjadi hidup.
2.2 Pengertian
Software Pivot Animator
Pivot Stickfigure adalah sebuah aplikasi sederhana
yang digunakan untuk membuat animasi. namun animasi yang di tapilkan dalam
bentuk 2D. bentuk animasinya pun hanya berupa garis dan lingkaran. Selain
penggunaannya yang mudah Pivot Stickfigure Animation juga memiliki ukuran yang
kecil. sehingga mampu diginakan di PC manapun.
2.1 Mengenal Menu Bar
Aplikasi
Pivot Hanya memiliki 3 Menu
1. Menu
File memiliki sub menu :
New digunakan untuk membuat file baru
Open
Animation digunakan untuk membuka file yang pernah disimpan
Save
animation berguna untuk menyimpan
file yang telah selesai/sedang dikerjakan. Untuk menyimpan file dengan nama
yang berbeda gunakan Save Animation\As Export
Animation digunakan untuk menyimpan animasi ke format
lain (GIF atau AVI) agar dapat digunakan untuk membuat film atau dipasang di
internet
Load
Background digunakan untuk menambahkan gambar latar belakang
Load
Sprite Image digunakan untuk menambahkan karakter dari luar. Karakter dapat
berupa gambar
Load
Figure Type digunakan untuk menambahkan karakter.
Create
Figure Type digunakan untuk membuat karakter baru.
Exit digunakan untuk keluar dan menutup
aplikasi Pivot.
2. Menu
Edit berisi sub menu :
berguna untuk membatalkan perintah terakhir.
Bisa diganti dengan shorcut dengan menekan bersamaan tombol CTRL + Z berguna untuk mengulang perintah yang pernah
dibatalkan. Dapat diganti dengan shorcut dengan menekan bersamaan tombol CTRL +
Y
Select All Figures digunakan untuk memilih seluruh karakter yang
ada di frame aktif
berguna untuk mengatur tampilan animasi.
Melalui sub menu ini akan ditampilkan dialog option yang berguna untuk mengatur
:
Animation
Dimensions berguna untuk mengatur luas frame /layar tampilan.
Pilihan ini digunakan untuk mengatur lebar frame (Width), serta tinggi
frame (Height) ddalam satuan pixel.
Onion
Skin digunakan untuk menampilkan frame dibelakang frame
yang sedang dikerjakan.
Language
digunakan
untuk merubah bahasa.
2.2 Mengenal
Tools Bar
Menu
Bar, berisi deretan menu untuk menjalankan sebuah perintah,
diantaranya menu File, Edit (Option), Help.
Tombol
Play, untuk menjalankan animasi.
Tombol
Stop untuk menghentikan animasi.
Loop
(Repeat) jika dicentang akan menjalankan animasi berulang-ulang.
Set
Background berguna untuk memilih gambar latar belakang pada animasi. Latar
belakang harus sudah ditambahkan melalui menu load bacground.
Tombol
Add New Figure berguna untuk memilih karakter yang akan ditambahkan pada
animasi. Figur sudah harus dimuat melalui menu Load Figure Type.
Delete
figure untuk menghapus karakter dari frame.
Edit
Figure Type untuk merubah sebuah karakter.
Center
Figure membawa karakter pada posisi tengah frame.
Flip
Figure membalik posisi karakter.
Raise
membawa karakter pada posisi paling depan
Lower membawa karakter pada
posisi belakang.
Figure
Color untuk mewarnai/mengubah warna karakter
Duplicate
untuk menggandakan karakter
Join/Unjoin
menggabungkan /memisahkan karakter
Figure Scale mengubah ukuran karakter
ada 2 slider pada pivot 4.1 slider yang
lebih pendek posisinya dekat dengan tombol PLAY/STOP disebut Frame Rate/FPS (kependekan dari Frame
per scond) digunakan untuk mengatur kecepatan animasi berdasarkan jumlah frame
per detik. Slide ke 2 lebih panjang disebut Opacity berguna untuk mengatur transparansi karakter.
Titik
Merah pada figure berguna untuk untuk menggerakkan 1 bagian
dari karakter.
Titik
Oranye pada figure berguna untuk menggerakkan seluruh karakter.
2.3 Membuat
gerakan dasar Pivot
Membuat
sebuah animasi membutuhkan sedikitnya 12 frame agar animasi terlihat hidup.
Gerakkan sedikit demi sedikit menggunakan titik merah atau titik oranye, lalu
klik tombol Add Frame untuk menyimpan setiap gerakan ke dalam sebuah frame.
Jika
gerakan dirasakan cukup, simpan pekerjaan dengan memilih menu File, lalu pilih save project. Pada aplikasi Pivot, file animasi dapat disimpan
dengan 2 format (ekstensi) yaitu PIV dan
GIF. PIV adalah kependekan dari
PIVOT, sednagkan GIF adalah kependekan dari Graphic
Interchange Format
2.4 Membuat
Karakter sendiri
Selain karakter
yang sudah disediakan oleh Pivot, kita dapat membuat karakter sendiri. Langkah
membuat karakter adalah sebagai berikut :
1.
Pilih menu File.
2.
Pilih submenu Create Figure Type
3.
Buat karakter pada
jendela stick figure builder
Tambahkan ke frame dengan menu File
-> Add To Animation
BAB
III
PENUTUP
1.1 Penutup
Pivot
Animator adalah aplikasi 2D sederhana yang mana hanya berisikan garis dan
lingkaran yang berbentuk seperti kerangka manusia berupa kepala (lingkaran) dan
tulang – tulang (garis). Pivot Animator jga dibilang software yang cukup ringan
dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.
1.2 Saran
Penulis berharap agar pengguna adobe flash dapat
mempelajari makalah ini dengan sebak-baiknya, karena pelajaran ini
dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan menambah wawasan kita dalam
penggunaan adobe flash ini. Dan perbanyak membaca atau melihat tutorial
tutorial pembuatan gambar flash di internet.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar