PENGANTAR ANIMASI DESAIN GRAFIS





PENGERTIAN DESIGN DAN GRAFIS
  • ·         Definisi Design

Definisi desain Saat ini terdapat sangat banyak definisi desain dari berbagai sudut pandang dan konteksnya. Desain pun telah mengalami sejarah panjang dan mengalami perubahan pengertian dibanding pengertian sebelumnya yang menekankan unsur dekoratif dan kekriyaan dibanding fungsi. Meninjau dari berbagai pengertian desain yang ada, desain merupakan upaya pemecahan masalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk penjelasan yang lengkap, diperlukan masukan dari berbagai perspektif mengenai desain.


  • ·         Definisi Grafis

Grafik ialah sebuah bentuk komunikasi visual dimana dengan sebuah titik atau goresan sederhana dapat mengkomikasikan pesan kepada orang lain.
  • ·         Definisi Design Grafik


Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
  • ·         Batasan Media

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

  • ·         Konsep & Unsur Design


1.       Garis
Garis adalah hasil goresan antara benda keras dengan permukaan benda alam (tanah, pasir, batang pohon, dan lain sebagainya) atau benda buatan (kertas, papan tulis, dinding, dan lain sebagainya. Garis merupakan unsur desain tertua yang pernah digunakan untuk mewujudkan emosi. Secara garis besar, garis ada 2 macam, yaitu garis lurus dan garis lengkung.
Ditinjau dari watak suatu garis, garis lurus menggambarkan suatu ketegasan, kepastian, kekakuan, dan ketegangan. Sedangkan garis lengkung menggambarkan kelembutan,  Keluwesan.

2.       Arah
Setiap garis dan berbagai jenis benda tertentu memiliki arah. Ada tiga macam arah yang diketahui yaitu: 
(1) arah mendatar (horisontal),
(2) arah membujur/tegak (vertikal),
(3) arah miring (diagonal). Setiap arah memiliki arah yang berbeda terhadap pengamat. 
Arah mendatar/horisontal memiliki sifat:
(1)  tenang,
(2) pasif. 
Arah tegak/vertikal memiliki sifat:
(1) kekuatan,
(2) keseimbangan, 
(3) kokoh/kuat, 
(4) kewibawaan. 
Arah miring/diagonal memiliki sifat: 
(1) pergerakan, 
(2) perpindahan,  
(3) dinamis.

3.       Bentuk
Istilah bentuk dalam bahasa Indonesia dapat berarti “bangun” (shape) atau bentuk plastis (form). Setiap benda mempunyai bangun dan bentuk plastis. Bangun adalah bentuk benda yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebutkan sifatnya yang bulat, segitiga, persegi atau tak beraturan. Bentuk yang dikenal ada 2 macam, yaitu bentuk geometris dan bentuk organis.

4.       Ukuran
Ukuran ( size) merupakan salah satu unsur yang perlu diperhitungkan dalam suatu desain. Setiap benda mempunyai ukuran, dan masing-masing ukuran tersebut berbeda-beda tergantung pada tujuannya, dan besar kecilnya suatu benda erat hubungannya dengan ruang yang akan menempatinya. Ukuran dari unsur-unsur yang digunakan pada suatu benda hendaknya diatur sedemikian rupa agar memperlihatkan keseimbangan Ukuran yang dikenal  umumnya  ada 3 macam : 
(1) besar, 
(2) sedang,
(3) kecil. 

5.       Tekstur
Tekstur adalah sifat permukaan suatu benda, baik benda alam maupun benda buatan, selain itu dapat dilihat juga dirasakan, misalnya, halus, kasar, berbulu, bergelombang, licin, dan sebagainya. Tekstur dapat mempengaruhi penampilan suatu benda, baik secara visual (berdasarkan pengelihatan) maupun secara sensasional (berdasarkan kesan terhadap perasaan). 

6.       Nilai gelap terang
Nilai gelap terang suatu warna pada benda ditentukan oleh banyak sedikitnya cahaya yang menimpa benda tersebut. Suatu garis atau benda mempunyai nilai gelap atau terang, hitam, putih atau abu-abu.

7.       Warna
Warna adalah sumber keduniawian dan dapat memberikan rasa keindahan. Warna merupakan salah satu unsur rupa yang paling mudah ditangkap mata. Dalam bidang seni, warna memegang peranan penting karena warna membuat sesuatu kelihatan lebih indah. Jumlah macam yang dikenal tidak terhitung banyaknya, terlebih warna buatan. Seseorang menggunakan warna untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk pemilihan warna busana, desain interior rumah, perabotan, dan masih banyak lagi.

  • ·         Prinsip dan unsur – unsur design  :

           1. Keseimbangan (balance)
           2. Ritme (rhythm)
           3. Tekanan (emphasis)
           4. Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)

  • ·         Software yang mendukung Design Grafis :

           Desktop publishing    
          * Adobe Photoshop
          * Adobe Illustrator
          * Adobe Indesign
          * Coreldraw
          * GIMP
          * Inkscape
          * Adobe Freehand
          * Adobe image ready
          * CorelDraw
          Webdesign
          * Macromedia Dreamweaver
          * Microsoft Frontpage
          * Notepad
           Audiovisual
          * Adobe After Effect
          * Adobe Premier
          * Final Cut
          * Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
           Rendering 3 Dimensi
          * 3D StudioMax
          * Maya
          * AutoCad

DAFTAR PUSTAKA





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL SOFTWARE PIVOT ANIMATOR

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas