Pemrograman Berbasis Block
Code Blocks adalah suatu
program lingkungan pengembangan terpadu bebas, nirlaba, bersumber
terbuka dan lintas
platform. Program yang ditulis dalam C++ beserta wxWidgets untuk
GUI-nya ini bisa digunakan bersama dengan berbagai macam kompilator,
contohnya GCC dan Visual C++.
Peralatannya yang tersedia tergantung dari "plugin" yang ada
dipasang. Sekarang ini, Code::Blocks lebih tersedia sebagai perangkat
pengembangan dalam bahasa C dan C++,
walaupun program ini juga bisa disesuaikan, dan mungkin akan membutuhkan
pemasangan tambahan, untuk pengembangan perangkat lunak ARM, AVR, DirectX,
FLTK, Fortran,
GLFW, GLUT, GTK+, Irrlicht, Lightfeather,
MATLAB, OGRE, OpenGL, Qt,
SDL, SFML, STL, SmartWin dan wx. Code::Blocks tersedia di sistem
operasi Windows, Linux, Mac OS X dan FreeBSD.
Visual Block Progamming
Visual Block Programming adalah
Membuat aplikasi tanpa kode satupun. Mengapa disebut visual block programming
?, karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “block” yang
merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi event handler tertentu dalam
membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan
kode program –coding less.
Dalam komputasi, sebuah bahasa
pemrograman visual adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan pengguna membuat
program dengan memanipulasi unsur-unsur program grafis bukan dengan menentukan
mereka secara tekstual. Sebuah VPL memungkinkan pemrograman dengan ekspresi
visual, pengaturan tata ruang dari teks dan simbol grafis, digunakan baik
sebagai elemen sintaks atau notasi sekunder. Sebagai contoh, banyak VPLS
(dikenal sebagai dataflow atau pemrograman diagram) didasarkan pada gagasan
"kotak dan panah", di mana kotak atau benda layar lainnya
diperlakukan sebagai entitas, dihubungkan dengan panah, garis atau busur yang
mewakili hubungan.
Alice Software
Alice adalah bahasa pemrograman
pendidikan berbasis objek freeware dengan lingkungan pengembangan terpadu
(IDE). Alice menggunakan drag dan drop lingkungan untuk membuat animasi
komputer menggunakan model 3D. Perangkat lunak ini dikembangkan pertama di University
of Virginia, maka Carnegie Mellon (dari tahun 1997), oleh kelompok penelitian
yang dipimpin oleh Randy Pausch.
Fungsi Alice
Alice dikembangkan untuk
mengatasi lima masalah inti dalam program pendidikan
1. Alice
dirancang semata-mata untuk mengajarkan teori pemrograman tanpa semantik
kompleks bahasa produksi seperti C ++. Pengguna dapat menempatkan objek dari
galeri Alice ke dalam dunia virtual yang mereka bayangkan, dan kemudian mereka
dapat memprogram dengan menyeret dan menjatuhkan ubin yang mewakili struktur
logis. Selain itu, pengguna dapat memanipulasi kamera Alice dan pencahayaan
untuk membuat perangkat tambahan lebih lanjut. Alice dapat digunakan untuk
antarmuka pengguna 3D.
2. Alice
adalah siam dengan IDE-nya. Tidak ada sintaks untuk mengingat. Namun, mendukung
pemrograman berbasis obyek penuh, model acara didorong pemrograman.
3. Alice
dirancang untuk menarik subpopulasi tertentu biasanya tidak terkena pemrograman
komputer, seperti siswa usia sekolah menengah, dengan mendorong bercerita.
Alice juga digunakan di banyak perguruan tinggi dan universitas di Pengantar
kursus Pemrograman.
4. Dalam
studi terkontrol di Ithaca College dan Universitas Saint Joseph melihat siswa
tanpa pengalaman pemrograman sebelumnya mengambil kursus ilmu komputer pertama
mereka, nilai rata-rata meningkat dari C ke B, dan retensi meningkat dari 47%
menjadi 88%.
5. Alice
dirilis di bawah lisensi open-source yang memungkinkan redistribusi kode
sumber, dengan atau tanpa modifikasi, untuk penggunaan non-komersial saja.
Varian Alice
1. Animasi
tingkat tinggi yang memungkinkan pengguna untuk program interaksi sosial antara
karakter.
2. Sebuah
tutorial berbasis cerita yang memperkenalkan pengguna untuk pemrograman melalui
membangun sebuah cerita.
3. Sebuah
galeri karakter 3D dan pemandangan dengan animasi yang dirancang untuk memicu
ide cerita.
Tools Alice
AgentSheets, mudah digunakan
permainan authoring dan alat authoring ilmu komputer
App Inventor, alat untuk membuat
aplikasi untuk Android Google, berdasarkan Blockly dan Kawa
Etoys scripting
Flowgorithm, menciptakan diagram
alur eksekusi yang dapat dikonversi ke beberapa bahasa.
Hopscotch, bahasa pemrograman
visual untuk perangkat touchscreen mobile (tersedia di iPad).
LARP, menciptakan diagram alur
eksekusi, untuk platform Windows.
Open Roberta, Pemrograman online
dari Fraunhofer IAIS dirancang untuk anak-anak
Raptor, menciptakan diagram alur
eksekusi.
Scratch,, produk MIT dirancang
untuk anak-anak di K-12 dan setelah program sekolah
Snap!, perpanjangan Scratch
dengan prosedur kelas pertama dan daftar yang digunakan untuk mengajar oleh UC
Berkeley (implementasi ulang berbasis browser BYOB (bahasa pemrograman))
Stagecast Creator, sebelumnya
Apple Kakao: Authoring Internet untuk Anak
StarLogo, bahasa simulasi
berbasis agen dikembangkan oleh Mitchel Resnick, Eric Klopfer, dan
lain-lain di MIT Media Lab. Ini adalah perpanjangan dari bahasa pemrograman
Logo, dialek Lisp.
ToonTalk, sistem pemrograman
untuk anak-anak
Visual Logic, menciptakan diagram
alur eksekusi.
PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN C++
C++ merupakan bahasa
pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk
menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan
class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi
dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object,
anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat
kemudian masalah dipecahkan dengan Class. Bahasa C adalah bahasa
pemrograman prosedural yang memungkinkan kita untuk membuat prosedur dalam
menyelesaikan suatu masalah. Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa
pemrograman yang berorientasi pada objek.
Perbedaan Antara Bahasa
pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang
sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman
prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi
masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, sedangkan untuk C++
merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi
objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan
menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya
sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan
object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class
dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
KELEBIHAN DARI BAHASA
PEMROGRAMAN C++ :
- Bahasa C++ tersedia hampir di semua jenis komputer Kecepatan program jika dibanding dengan program yang sama buatan bahasa lain, C++ relatif lebih cepat.
- C++ adalah bahasa yang terstruktur, dengan demikian akan lebih mendukung OOP.
Bahasa Standard-nya ANSI bisa
dipakai diberbagai platform
KEKURANGAN DARI BAHASA
PEMROGRAMAN C++:
- Sulitnya untuk membuat sesuatu dengan Bahasa Pemrograman C++ sehingga minat dalam memperdalam programming akhirnya harus terhenti, kecuali dengan inisitif sendiri mempelajari bahasa/teknologi lain.
- C++ tidak murni OOP sehingga kurang cocok untuk mengajarkan Konsep OOP karena kaidah-kaidah OOP dapat dilanggar.
Di dalam bahasa pemrograman C++
terdapat Pengarah Preprocessor Dalam Bahasa Pemrograman C atau C++ bagian
pertama yang menyusun sebuah tugas, terbentuk di pengarah preprocessor.
Pengarah preprocessor menginstruksikan compiler untuk membentuk beberapa tugas
sebelum komplisasi dimulai. Pengarah preprocessor #include ,salah
satu yang sering terlihat,contoh #include<stdio.h> menginstruksikan
compiler untuk menyertakan berkas C++ sumber yang lain sebelum kompilasi
dimulai. Pengarah preprocessor yang lain adalah #define, yang merupakan
definisi sebuah macro.
Deklarasi Global
Bagian utama yang kedua dari sebuah program C++ berisi deklarasi global. Deklarasi global memberitahu compiler fungsi user-defined dan variable (atau konstanta) yang dipakai untuk semua fungsi dalam program sumber. Contoh:
Int sum(int a,int b); // deklarasi fungsi user-defined sum
Int X; // deklarasi variable X
Bagian utama yang kedua dari sebuah program C++ berisi deklarasi global. Deklarasi global memberitahu compiler fungsi user-defined dan variable (atau konstanta) yang dipakai untuk semua fungsi dalam program sumber. Contoh:
Int sum(int a,int b); // deklarasi fungsi user-defined sum
Int X; // deklarasi variable X
Program main ( )
Bagian utama ketiga dari program C++ adalah fungsi main ( ) (yang merupakan tubuh utama program), setiap program harus memiliki fungsi main ( ). Eksekusi program dimulai dari fungsi main ( ) dan dalam struktur program yang baik, eksekusi berujung pada fungsi ini.
Contoh :
Main( )
{
Pernyataaan;
}
Bagian utama ketiga dari program C++ adalah fungsi main ( ) (yang merupakan tubuh utama program), setiap program harus memiliki fungsi main ( ). Eksekusi program dimulai dari fungsi main ( ) dan dalam struktur program yang baik, eksekusi berujung pada fungsi ini.
Contoh :
Main( )
{
Pernyataaan;
}
Fungsi User-defined
Bagian terahir dari program C ++ berisi user-define yang merupakan kelompok dari perintah yang dibuat untuk menyempurnakan perintah-perintah program. Sewaktu anda mendeklarasikan variable, konstanta atau fungsi (yang menghasilakan nilai balik) dalam program, anda harus memberi nama variable, konstanta, atau fungsi tersebut beserta tipe datanya kepada compiler C++. Tipe mendefinisikan nilai yang dapat disimpan pada variable, atau konstanta, atau nilai yang dapat dihasilkan oleh fungsi dan juga sekumpulan operasi yang dapat dilakukan terhadap data tersebut.
Tipe data dasar pada C++ meliputi :
Bagian terahir dari program C ++ berisi user-define yang merupakan kelompok dari perintah yang dibuat untuk menyempurnakan perintah-perintah program. Sewaktu anda mendeklarasikan variable, konstanta atau fungsi (yang menghasilakan nilai balik) dalam program, anda harus memberi nama variable, konstanta, atau fungsi tersebut beserta tipe datanya kepada compiler C++. Tipe mendefinisikan nilai yang dapat disimpan pada variable, atau konstanta, atau nilai yang dapat dihasilkan oleh fungsi dan juga sekumpulan operasi yang dapat dilakukan terhadap data tersebut.
Tipe data dasar pada C++ meliputi :
Char
Int
Short
Long
Float
Double
Long
double.
Komentar
Posting Komentar